Uni Emirat Arab Mulai Buka Masjid 1 Juli Besok, Sholat Jumat Masih Ditiadakan

Jakarta

Negeri Uni Emirat Arab akan membuka masjid dan tempat ibadah dalam 1 Juli besok. Hanya saja, sholat Jumat masih ditangguhkan datang waktu yang belum ditentukan.

Menurut Juru Bicara Formal Otoritas Darurat, Krisis, dan Penanggulangan Bencana Nasional Dr Seif Al Dhaheri masjid dibuka dengan aturan kesehatan COVID-19, yakni hanya boleh diisi 30% jamaah dari kapasitas.

Dikutip dari Gulf News, masjid di area industri, pusat perbelanjaan, dan taman sedang akan ditutup. Pemerintah juga melakukan tes COVID-19 pada para pelaku dan imam masjid demi mencegah penyebaran virus corona di daerah masjid.

Kemudian, orang dengan melakukan kontak atau tinggal berjajar dengan kasus COVID-19 tidak diperbolehkan menghadiri sholat atau memasuki masjid. Anak-anak dan orang dengan keburukan kronis tidak diperbolehkan mengunjungi langgar.

Selain itu, para pengunjung masjid juga diwajibkan buat mendownload aplikasi Al Hosn, menggunakan masker, dan menjaga jarak sedikitnya tiga meter.

Lulus, para calon jemaah juga harus mengambil air wudhu dari rumah, membawa sajadah sendiri, dan membawa Quran dengan perangkat elektronik jadi menghindari penggunaan Quran secara wujud.

Terakhir, Al Dhaheri menegaskan akan menutup kembali langgar bila mana ada laporan kejadian virus corona. Sementara itu, terekam jumlah kasus virus corona pada Uni Emirat Arab mencapai 48. 246 dengan angka kematian 314 orang dan sembuh mencapai 37. 076 orang.
tag

(pay/erd)