Tampil Perdana Usai Kalah dari Biden, Trump Hadiri Perayaan Hari Veteran

Washington awut-awutan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tampil secara resmi ke publik sejak hari pemilihan presiden dan menolak kemenangan saingannya Joe Biden. Dia mendatangi acara Hari Veteran di Pemakaman Nasional Arlington.

Dilansir dari AFP, Trump hadir untuk upacara peletakan karangan bunga di Pemakaman Nasional Arlington di dalam Rabu (11/11) pukul 11. 30 waktu setempat. Empat hari sesudah media AS memproyeksikan saingan Demokrat-nya yang akan menggantikan dia dalam Gedung Putih.

Sejak saat itu Trump tak pernah terlihat publik. Dia sering berkicau di Twitter. Sampai era ini, dia tetap tidak mengakui Biden, seperti yang biasa terjadi setelah pemenang diproyeksikan dalam pemungutan suara AS.

Di tengah wabah virus Corona dengan masih terjadi di AS, & beberapa negara bagian menerapkan pembatasan baru, Trump tampaknya telah mengeluarkan tugas kepresidenan normal. Kecuali buat kemunculan yang singkat di Arlington. Di Arlington, Trump tetap tak memberikan keterangan.

Trump tetap berada di pada rumah kepresidenan-nya, mendorong kenyataan pilihan bahwa dia yang memenangkan pemilihan, dan akan mengajukan gugatan secara tuduhan penipuan pemilih yang sejauh ini hanya didukung oleh masukan yang tipis.

Biden berkomentar soal Trump dengan tak akui kekalahan. Dia menyebut, Trump memalukan.

“Saya hanya berpikir itu memberi, sejujurnya, ” kata Biden ketika ditanya pendapatnya tentang penolakan Trump untuk mengakui kekalahan, seperti dilansir AFP, Rabu (11/11).

“Bagaimana saya bisa mengatakan tersebut dengan bijaksana. Saya pikir itu tidak akan membantu warisan kepala, ” lanjut Biden kepada kuli di kampung halamannya di Wilmington, Delaware.

(aik/aik)