Ribuan Orang di AS Dapat Suruhan Keliru Nyatakan Positif Corona, Kok Bisa?

North Carolina

Ribuan karakter di North Carolina, Amerika Konsorsium (AS), tiba-tiba mendapatkan pesan singkat dan email yang menyatakan mereka positif virus Corona (COVID-19). Kok bisa?

Seperti dilansir CNN , Selasa (15/9/2020), ribuan pesan mengejutkan itu ternyata dikirimkan oleh data vendor bertanda Health Space di Mecklenburg County, North Carolina, secara keliru. Orang-orang yang mendapatkan pesan tersebut tidak benar-benar positif terinfeksi Corona.

Dituturkan manajer Mecklenburg County, Dena Diorio, bahwa telah terjadi ‘error’ atau kesalahan saat dilakukan ‘pemeliharaan rutin’ pada Jumat (11/9) pekan lalu. Ada 6. 727 pesan singkat dan 541 email yang dikirimkan kepada individu-individu yang tergabung dalam sistem vendor Health Space.

Ditegaskan Diorio kalau Departemen Kesehatan setempat tidak pernah mengirim pesan singkat atau email untuk memberitahukan hasil positif ataupun negatif Corona kepada individu dengan bersangkutan.

Mengatasi status yang telah terjadi, otoritas Mecklenburg County bersama Health Space langsung menghubungi satu per satu orang yang menerima informasi salah itu dan meminta mereka untuk melecehkan pesan tersebut.

Dalam email kepada dewan komisioner kawasan, pada Senin (14/9) waktu setempat, Diorio menyatakan tidak ada data pribadi yang terusik dalam kejadian itu. Dibutuhkan waktu kurang sebab satu jam bagi Health Space untuk memperbaiki masalah tersebut.

Otoritas AS, menurut bahan Johns Hopkins University (JHU), sekitar ini mencatat total 6. 553. 303 kasus Corona di wilayahnya, dengan 194. 489 kematian. Secara angka tersebut, AS masih berkecukupan di peringkat pertama dunia sebagai negara dengan total kasus dan total kematian terbanyak.

(nvc/ita)