Raut Jacob Blake, Warga AS yang Ditembak Polisi di Depan 3 Anaknya

Jakarta

Pria jangat hitam Jacob Blake (29) ditembak jarak dekat dari belakang oleh polisi Wisconsin, Amerika Serikat pada depan tiga anaknya. Terdengar tujuh kali letusan dalam peristiwa naas itu. Siapa Jacob Blake?

Kejadian itu berlangsung di dalam Minggu (23/8/2020) sekitar pukul 17. 00 waktu setempat di Kenosha, Wisconsin. Rekaman video momen penembakan itu yang beredar di media sosial. Penembakan itu memicu kemarahan masyarakat Amerika Serikat. Masyarakat GANDAR kembali turun ke jalan untuk memprotes tindakan itu pada Senin (24/8/2020).

Sebelumnya, protes serupa terjadi pada akhir Mei 2020 lalu. Warga memprotes polisi atas kematian George Floyd, adam AS berkulit hitam di Minneapolis. Floyd tewas setelah seorang petugas kulit putih menindihkan lutut ke lehernya selama nyaris 9 menit. Kejadian ini memicu rentetan ulah protes di AS.

Jacob Blake seperti dilansir CNN. com, besar di Evanston, Illinois, di luar Chicago. Tempat menempuh sekolah menengah di Evanston, dan merupakan anggota tim gulat di sekolahnya. Kemudian, Jacob Blake pindah ke Kenosha.

Keluarga Jacob Blake memiliki rencana sejarah aktivis. Kakek Jacob Blake adalah seorang pendeta yang memimpin jemaat Gereja Ebenezer AME. Aki Jacob Blake berjuang memimpin penentangan atas diskriminasi rasial dalam bagian perumahan di Amerika Serikat sekitar tahun 1960-an dan 1970-an.

Hingga kini, Jacob Blake dilaporkan lumpuh berdasarkan informasi sebab pengacara keluarganya, Benjamin Crump. Tembakan itu menyebabkan Jacob Blake merasai cedera pada tulang belakang, ginjal, hati, dan lengannya.

Diketahui dari CNN. com, Jacob Blake ditembak polisi setelah melerai dua perempuan yang sedang bertengkar. Namun tidak diketahui apa pengantara pertengkaran itu.

Tonton video ‘Black Lives Matter Jilid Kedua Meletus di Amerika Serikat’:

[Gambas:Video 20detik]

(nwy/pal)