Ragam Presiden Brasil Malah Buka Masker Usai Positif Corona

Sao Paulo

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro berulah kembali usai menyatakan diri positif Corona. Kini, Bolsonaro akan digugat oleh Asosiasi Pers Negeri brazil karena ulahnya membuka masker zaman konferensi pers.

Mulanya, Bolsonaro mengatakan kepada CNN Brasil seolah-olah dilansir kantor berita AFP , Selasa (7/7/2020), kalau ia menjalani rontgen paru-paru pada rumah sakit militer sebagai kegiatan pencegahan. Selanjutnya ia pun menunggu hasil tes virus Corona keluar pada hari Selasa (7/7) periode setempat.

Waktu yang ditunggu pun tiba. Bolsonaro mencanangkan dirinya telah dites corona & hasilnya positif. Namun, dia merasa ‘sangat sehat’ dan hanya memiliki gejala ringan saja.

Bolsonaro kini mengidap penyakit yang selama ini ia remehkan. Dia pernah menyebut Corona sebagai ‘flu kecil’.

Namun, seperti dilansir CNN , Kamis (9/7/2020), Asosiasi Pers Brasil (ABI) mengumumkan pihaknya akan mengajukan gugatan hukum terhadap Bolsonaro ke Mahkamah Agung Brasil.

Disebutkan ABI bahwa Bolsonaro tidak menghormati protokol jaga jarak aman dengan wartawan dan malah melepas kedok yang dipakainya saat hadir di dalam konferensi pers di Brasilia dalam Selasa (7/7) waktu setempat. Bolsonaro mengumumkan dirinya positif Corona pada konferensi pers tersebut.

Dalam pernyataannya, ABI menuduh Bolsonaro membahayakan nyawa para wartawan dengan hadir dalam konferensi pers tersebut.

“Negara tidak mampu hanya terus melihat perilaku dengan tidak bertanggung jawab dan menuju pada tindak kejahatan terhadap kesehatan tubuh publik, tanpa bereaksi, ” bahana Presiden ABI, Paulo Jeronimo de Souza.

Untuk diketahui, virus Corona bisa menular lewat cairan droplet yang disebarkan sebab orang yang terjangkit.