Peringatan Tragedi 9/11 Diwarnai Pembatasan Sosial pada Tengah Pandemi Corona

Nyc

Warga Amerika Serikat (AS) memperingati tragedi 11 September atau 9/11 saat pandemi virus Corona (COVID-19) yang memicu krisis nasional, masih merajalela. Acara peringatan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan dan penerapan pembatasan sosial.

Misalnya dilansir Associated Push , Sabtu (12/9/2020), keluarga korban berkumpul di plaza memorial 11 September, yang dibangun di bekas lokasi gedung World Trade Middle (WTC)di New York, pada Jumat (11/9) pagi waktu setempat. Mereka yang hadir diminta mematuhi aturan social distancing.

Berdiri di plaza, Jin Hee Cho mengaku tidak bisa melupakan kenangan adik perempuannya, Kyung, yang tewas dalam serangan teroris tahun 2001 silam yang menghancurkan menara kembar WTC.

“Sulit untuk menghapusnya dalam pikiran saya. Saya memahami ada semua ini, dan ya memahami bahwa kita sekarang mempunyai COVID. Tapi saya hanya merasakan kehilangan, kehilangan yang menghancurkan arah saudara perempuan saya, ” ucap Cho (55).

Peringatan 9/11 lainnya di berbagai wilayah AS terpaksa dibatalkan akibat Corona, meskipun beberapa tetap digelar oleh pembatasan-pembatasan. Acara peringatan yang digelar Pentagon sangat dibatasi, bahkan keluarga korban tidak bisa hadir.

Salah satu penyesuaian yang dilakukan akibat Corona adalah konvensi pembacaan nama-nama korban yang pada umumnya dilakukan secara langsung di plaza memorial 11 September. Tahun ini, pembacaan nama-nama korban dilakukan via rekaman audio dengan pengeras suara ditempatkan di beberapa titik plaza memorial.

Kerabat korban merasa tidak keberatan dengan penyesuaian ini. “Saya pikir itu harus berkembang. Tidak bisa tetap sama selamanya, ” ucap Frank Dominguez yang kehilangan saudara laki-lakinya, Jerome Dominguez, salah satu polisi yang tewas dalam tragedi 9/11.

Momen Tribute in Gentle yang melibatkan sepasang sinar lampu tegak lurus ke angkasa dari bekas lokasi menara kembar WTC, sempat batal dilakukan karena tanda keamanan dari Corona bagi kru yang memasang instalasi tersebut. Setelah melewati pertimbangan dan dibantu mantan Wali Kota New York, Mike Bloomberg dan Gubernur New You are able to, Andrew Cuomo, momen Tribute within Light digelar pada Jumat (11/9) dini hari.

Tonton video ‘Cahaya Kembar Terpancar di Pentagon Kenang Tragedi 9/11’:

[Gambas:Video 20detik]