Penguasa Kesehatan AS: Virus Corona Bakal AS Bertekuk Lutut

Washington DC

Seorang pejabat kesehatan terkemuka Amerika Serikat (AS) menyebut pandemi virus Corona (COVID-19) telah membina AS ‘bertekuk lutut’. Total kasus virus Corona di AS saat ini melebihi 2, 3 juta kasus, dengan lebih dari 121 ribu kematian.

Seperti dilansir CNN dan The Guardian , Rabu (24/6/2020), Direktur Sentral Pengendalian dan Pencegahan Penyakit GANDAR (CDC), Dr Robert Redfield, memberikan pernyataan itu dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi Energi dan Perdagangan pada House of Representatives (HOR) atau DPR AS.

Dalam RDP yang digelar di Washington DC pada Selasa (23/6) waktu setempat, Dr Redfield menyatakan bahwa kapasitas kesehatan umum di AS sangat kekurangan pendanaan sejak lama dan butuh investasi mendesak.

“Kita telah melakukan semua yang terbaik yang kita bisa untuk menangkal virus tersebut dan kenyataannya adalah virus ini membuat negara ini bertekuk tewas, ” ucap Dr Redfield di dalam rapat tersebut.

“Kita mungkin akan menghabiskan dana US$ 7 triliun karena satu virus kecil, ” imbuhnya.

Dr Redfield menyatakan bahwa GANDAR telah ‘menggunakan kapasitas yang kita miliki’ untuk menghadapi pandemi Corona, tapi ‘para kritikus akan tetap ada’. Komentar Dr Redfield itu disampaikan saat separuh dari 50 negara bagian AS mengalami kemajuan kasus Corona, yang sebagian bukan dipicu perluasan tes.

Data terbaru dari John Hopkins University (JHU) melaporkan bahwa mutlak 2. 346. 937 kasus Corona kini terkonfirmasi di berbagai daerah AS. Total kematian akibat Corona di AS, menurut JHU, kini mencapai 121. 228 orang.