Pemimpin China Kirim Surat ke Jokowi Saat Peringatan HUT ke-75 MENODAI

Jakarta awut-awutan

Presiden China, Xi Jinping, mengirimkan surat kepada Kepala Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), masa peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75. Di dalam surat itu, Presiden Xi menyuarakan hubungan kedua negara terpelihara secara baik.

Kedutaan Luhur China untuk Indonesia dalam pemberitahuan melalui halaman Facebook-nya menyebut tulisan itu berisi ucapan kepada Jokowi berkenaan HUT RI ke-75 yang jatuh pada 17 Agustus ini.

“Xi Jinping, di suratnya menunjukkan hubungan Tiongkok-Indonesia kini memelihara kecenderungan baik, ” begitu pernyataan Kedutaan Besar China untuk Indonesia, seperti dikutip detikcom pada Senin (17/8/2020).

“Kedua pihak bersama-sama menanggulangi wabah COVID-19, ” imbuh pernyataan tersebut.

Pada suratnya, Presiden Xi mengharapkan ke-2 negara mendorong pemulihan produksi & pembangunan bersama Sabuk dan Hidup, menjaga multilateralisme dan situasi umum penanggulangan wabah bersama secara global.

“Memberikan kontribusi membangun kepada kesehatan dan kesejahteraan anak buah kedua negara serta seluruh negeri, ” sebut pernyataan itu.

Menurut Kedutaan Besar China, Presiden Xi juga menyatakan kalau dirinya menaruh perhatian besar kepada hubungan China dan Indonesia.

“Bersedia berupaya bersama secara Presiden Joko Widodo untuk secepatnya mengalahkan wabah COVID-19, bersama-sama menciptakan situasi baru pada era pertama di mana kedua negara tumbuh bersama untuk mencapai kemenangan bergabung, serta terus memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara, ” tandas pernyataan tersebut.

(nvc/imk)