Pemerintahan Trump Bagikan 150 Juta Alat Tes Rapid Corona

Wa DC

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengumumkan pendistribusian a hundred and fifty juta alat tes rapid virus Corona (COVID-19) di berbagai wilayahnya. Alat tes rapid Corona yang dibagikan pemerintah AS itu dipesan dari Abbott Laboratories dan mampu memberikan hasil dalam waktu fifteen menit.

Seperti dilansir AFP , Selasa (29/9/2020), alat tes rapid Corona itu akan dikemas mirip alat tes kehamilan.

“Ini rencana kita: 50 juta tes akan dilakukan untuk melindungi komunitas paling rentan, ” ucap Trump, sembari menyebut panti jompo dan fasilitas untuk orang-orang yang butuh bantuan.

Dia menambahkan bahwa 100 juta alat tes lainnya akan disalurkan ke negara-negara periode dan berbagai wilayah AS buat membantu mereka dalam membuka kembali perekonomian dan sekolah-sekolah.

Masing-masing alat tes Corona terkait memakan biaya US$ 5 dan Departemen Kesehatan menyatakan Abbott berencana menyediakan 48 juta alat tes Corona setiap bulan dalam beberapa pekan ke depan.

Selama berbulan-bulan, para pakar menyerukan penggunaan luas teknologi berbiaya rendah ini, yang disebut tes antigen, agar orang-orang bisa memeriksa sendiri mereka sendiri beberapa kali di dalam seminggu. Namun persetujuan saat terkait menyatakan alat tes baru bisa digunakan oleh profesional medis.

Penggunaan alat tes fast ini memberikan dorongan baru bagi AS dalam upaya mengendalikan penyebaran virus Corona di wilayahnya. Kendati demikian, alat tes rapid diketahui kurang sensitif dibandingkan tes PCR ( polymerase chain response ) dan besar kemungkinan memberikan hasil negatif palsu.

Tes PCR yang menggunakan peralatan canggih di laboratorium mampu mendeteksi jejak material genetik malware Corona. Namun tes PCR membutuhkan waktu lebih lama, sekitar seminggu atau lebih, untuk bisa mendapatkan hasil tes.

(nvc/ita)