Patahnya Rekor Nihil Corona Bikin Vietnam Tutup Kota Pariwisata

Hanoi

Otoritas Vietnam sempat berhasil menggembala kasus virus Corona di negerinya tetap nihil. Namun, rekor tersebut patah usai munculnya kasus Corona baru di kota wisata, Danang.

Seperti dilansir Reuters , Selasa (28/7/2020), berkat langkah karantina ketat & program pemeriksaan yang agresif selalu meluas, Vietnam berhasil menjaga total kasus Corona di wilayahnya lestari rendah. Sejauh ini, total 431 kasus Corona terkonfirmasi di wilayah Vietnam, dengan nol kematian.

Vietnam masih menutup diri dari turis-turis asing, namun berlaku kenaikan jumlah pelancong domestik dengan memanfaatkan diskon tiket penerbangan & paket liburan ke resort lokal.

Akibatnya, kini Vietnam kembali dalam kondisi waspada tinggi sesudah mengonfirmasi kemunculan sejumlah kasus Corona di Danang sejak akhir pekan. Sedikitnya tiga kasus Corona terekam di dalam dan sekitar provinsi kota wisata itu sepanjang Minggu (26/7) waktu setempat.

Sebanyak 11 kasus Corona lainnya yang terkait dengan sebuah sendi sakit di Danang, dilaporkan menonjol pada Senin (27/7) malam waktu setempat. Dengan demikian, sudah 14 kasus Corona yang terdeteksi di Danang sejak akhir pekan lulus.

Sebagai pencegahan, dominasi Vietnam menghentikan sementara seluruh penerbangan dari dan ke Danang semasa 15 hari, mulai Selasa (28/7) waktu setempat. Seluruh layanan gerobak api dari dan ke Danang juga ditangguhkan.