Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Pertama Sembuh dari COVID-19

Jakarta

Lama tak terdengar kabarnya, mantan Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra diberitakan telah terinfeksi virus Corona. Thaksin sempat dirawat dalam rumah sakit bulan lalu karena penyakit COVID-19, tapi kini telah sembuh.

Demikian disampaikan sumber yang dekat dengan miliarder tersebut seperti dilansir kantor berita AFP , Sabtu (3/10/2020).

Sumber tersebut mengatakan bahwa Thaksin yang berumur 71 tahun tersebut, menghabiskan waktu selama dua minggu di vila sakit sebelum dipulangkan pada pertengahan September lalu. Mantan pemimpin Thailand itu tinggal mengasingkan diri di Uni Emirat Arab.

“Memang benar dia terinfeksi kira-kira minggu lalu, tapi sekarang tempat telah pulih. Dia bercanda kalau dia sedang tren, ” sirih sumber di Pheu Thai, partai politik yang terkait dengan Thaksin, kepada AFP, seraya meminta buat tidak disebutkan namanya.

Diyakini bahwa Thaksin tertular virus Corona setelah mengunjungi food court.

Thaksin digulingkan sejak kekuasaan dalam kudeta militer tarikh 2006 dan meninggalkan negara itu pada tahun 2008.

Dia telah dinyatakan bersalah di pengadilan Thailand atas tuduhan manipulasi.

Saudara perempuannya, Yingluck menjadi perdana menteri pada 2011 sebelum digulingkan dalam kudeta lain tiga tahun kemudian.

Berita Thaksin terinfeksi Corona ini muncul bertepatan dengan berita mengherankan Presiden AS Donald Trump serta ibu negara Melania dinyatakan nyata Corona. Trump telah dipindahkan ke rumah sakit militer Walter Reed di luar Washington untuk memiliki perawatan lebih lanjut.

(ita/ita)