Ledakan Bom Mobil Terjadi di Perbatasan Suriah-Turki, 7 Orang Tewas

Beirut

Ledakan bom mobil dilaporkan terjadi di perbatasan Suriah serta Turki. Akibatnya, tujuh orang dinyatakan tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

“Sebuah bom mobil meledak di bundaran yang menghadap ke pintu masuk pos tapal batas Bab al-Salam, ” kata Besar Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Rami Abdel Rahman semacam dilansir kantor berita AFP , Minggu (19/7/2020).

“Tujuh orang terbunuh, tercatat lima warga sipil, dan bertambah dari 60 terluka, termasuk wanita dan anak-anak, ” sambungnya.

Ledakan bom mobil terjadi pada utara provinsi Aleppo, yang dikendalikan oleh tentara Turki dan tentara sekutu Suriah, secara teratur tahu serangan mematikan dan pembunuhan yang ditargetkan.

Observatorium mendakwa kelompok tertentu untuk ledakan peledak mobil ini, ledakan dinilai jadi sebagai pembalasan atas lonjakan proses oleh pasukan yang didukung Turki dan Turki terhadap sel-sel IS di wilayah tersebut.

Perbatasan Bab al-Salam adalah bintik masuk utama untuk bantuan kemanusiaan lintas perbatasan ke Suriah bagian utara, tetapi ditutup awal bulan ini setelah tekanan Rusia pada Dewan Keamanan PBB.

Kantor berita resmi Turki Anadolu melaporkan bahwa sebuah bom mobil pada daerah Azaz, dekat Bab al-Salam, telah menewaskan lima orang & melukai 85 orang. Ia menuduh milisi Kurdi YPG bertanggung jawab.

Pada bulan April, setidaknya 46 orang termasuk pejuang pemberontak yang didukung Turki tewas ketika sebuah bom truk objek bakar meledak di Afrin, suatu kota yang dikendalikan oleh proxy Ankara.

Konflik Suriah telah menewaskan lebih dari 380. 000 orang sejak 2011 dan memaksa lebih dari setengah warga pra-perang negara itu dari panti mereka.

(rfs/rfs)