Klaim Israel Temui MBS Ditepis Saudi Hanya dengan Menlu AS

Tel Aviv berantakan

Israel mengklaim Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu, diam-diam terbang ke Arab Saudi untuk bertemu Putra Mahkota Saudi, Tengku Mohammed bin Salman (MBS). Tetapi, Arab Saudi membantah informasi tersebut.

Seperti dilansir Reuters , Senin (23/11/2020), laporan radio publik Israel, Kan dan Army Radio menyebut bahwa Netanyahu juga bertemu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, yang juga sedang datang ke Saudi.

Salah seorang menteri Israel membenarkan bahwa Benjamin Netanyahu berkunjung ke Arab Saudi dan bertemu Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Ini menjadi konfirmasi pertama sebab pejabat tinggi Israel terkait lawatan yang dilakukan secara diam-diam itu.

Laporan media lokal Israel berbahasa Ibrani, yang dikutip oleh Associated Press, menyebut kalau Netanyahu didampingi oleh Kepala Lembaga Mata-mata Israel, Mossad, Yossi Cohen, dalam kunjungannya ke Saudi. Keduanya dilaporkan terbang ke Neom, Saudi pada Minggu (22/11) waktu setempat dan bertemu MBS di kian.

MBS diketahui medium berada di Neom untuk mengabulkan pembicaraan dengan Menlu Pompeo dengan sedang berkunjung.

Avi Scharf dari surat kabar terkemuka Israel, Haaretz, mempublikasikan data pelacakan penerbangan yang menunjukkan sebuah pesawat jet bisnis melakukan penerbangan singkat dari Tel Aviv ke Neom, yang terletak di kawasan pantai Laut Merah, Saudi.

Sedangkan menurut data dari kedudukan pelacakan penerbangan, FlightRadar24. com, suatu pesawat jet pribadi jenis Gulfstream IV lepas landas sesaat sesudah pukul 1740 GMT dari Bandara Internasional Ben-Gurion dekat Tel Aviv. Pesawat itu terbang ke selatan di sepanjang tepi timur Semenanjung Sinai sebelum berbelok ke Neom dan mendarat di sana sesudah pukul 1830 GMT.

Apa kata Arab Saudi soal ini? Silakan klik halaman selanjutnya.