Klaim Israel Bikin Tes Corona Hitungan Detik

Jakarta

Israel mengklaim sedang mengembangkan alat tes virus Corona (COVID-19) dengan memakai sampel air liur. Hasilnya diklaim bisa keluar hanya dalam hitungan mulia detik saja.

Selain itu, biaya per tes nantinya ditaksir di bawah Rp 4. 000. Dilansir dari Reuters , Rabu (19/8/2020), kendaraan tes tersebut dikembangkan di lengah satu pusat medis terbesar pada Israel. Dalam uji coba, anak obat berkumur-kumur dengan larutan garam & membuangnya ke dalam botol kecil.

Kemudian, sampel tirta liur tersebut akan diperiksa memakai perangkat spektral kecil yang bekerja dengan cara sederhana, yakni menyinari spesimen dan menganalisis reaksinya.

Eli Schwartz dari Pusat Pengobatan Geografis dan Penyakit Tropis di Sheba Medical Center, mengatakan, juru bicara tersebut lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan PCR. Disebutkan alat pusat dalam tahapan uji klinis.

“Sejauh ini kami mendapatkan hasil yang sangat menjanjikan di dalam metode baru ini yang akan jauh lebih nyaman dan bertambah murah, ” ujar Schwartz.