India Pulangkan Tentara China yang Ditangkap di Perbatasan Sengketa

Jakarta

Otoritas India telah memulangkan seorang tentara China yang ditahan setelah tersesat melintasi perbatasan yang disengketakan, tempat kedua negara bentrok dalam beberapa bulan terakhir.

Militer China mengumumkan dalam suatu pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP , Rabu (21/10/2020), Kopral Wang Ya Long diserahkan pada Rabu pagi masa setempat.

Sebelumnya pada hari Senin (19/10) waktu setempat, otoritas India mengatakan telah membekukan Wang setelah dia menyeberang ke wilayah yang dikuasai India di daerah pegunungan di wilayah Ladakh, Himalaya bagian barat, yang adalah perbatasan sengketa kedua negara. Tentara China itu dilaporkan tersesat di perbatasan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (19/10/2020), militer India pada pernyataannya menyebut satu tentara China dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) itu ditangkap di area Demchok, Ladakh bagian timur.

Diketahui bahwa India dan China yang bertetangga telah terlibat pada konfrontasi perbatasan selama berbulan-bulan pada wilayah Ladakh, dengan bentrokan hebat antara militer kedua negara di dalam Juni lalu memicu korban sejak kedua pihak.

Bagus India maupun China telah mengimplementasikan serangkaian pembicaraan militer dan diplomatik, namun hanya mengalami sedikit kemajuan.

(ita/ita)