Aliran Larangan Aborsi, Demonstran Targetkan Gereja-gereja di Polandia

Jakarta

Para pengunjuk rasa menargetkan gereja-gereja Katolik di seluruh Polandia pada hari Minggu (25/10/2020) waktu setempat. Pertunjukan ini merupakan imbas dari susunan baru soal larangan aborsi.

Dilansir AFP , Senin (26/10/2020) para demonstran meneriakkan protesnya dengan kata-kata, “Kami sudah muak! ” dan “orang barbar” di dalam sebuah gereja di kota barat Poznan. Aksi ini terekam video yang diposting di media sosial.

Para-para pengunjuk rasa bereaksi terhadap kesimpulan hari Kamis (22/10) oleh meja hijau konstitusional Polandia bahwa undang-undang yang ada yang mengizinkan aborsi lembaga yang rusak, “tidak sesuai” secara konstitusi.

Putusan tersebut sejalan dengan posisi keuskupan Katolik Roma yang kuat di Polandia dan partai nasionalis Hukum dan Keadilan (PiS).

Para-para pengunjuk rasa, mengacungkan plakat bertuliskan umpatan dan lainnya mengatakan “Saya berharap saya dapat membatalkan tadbir saya”. Para demonstran sempat berkelahi dengan polisi dan pendukung pembatasan aborsi di luar sebuah gereja di pusat kota Warsawa.

Media lokal juga mencantumkan gambar grafiti di dinding gereja di berbagai kota dan kota bertuliskan “Neraka wanita” yang menjadi slogan utama protes.

Ribuan orang – kebanyakan lantaran mereka adalah perempuan – pula berkumpul di kota-kota Gdansk, Krakow, Lodz, dan Rzeszow, dan pada puluhan kota lain yang secara tradisional lebih konservatif.